Get Stories: http://mawarberduri99.blogspot.com

Thursday, May 7, 2015

HIDUPKAN SEMANGATMU!

Apakah semangat itu bisa mati? Jawabannya, bisa dong! Kok bisa? Ya iyalah, bisa! Dan sangat bisa!

Saya cerita sedikit tentang sebuah hadits yang menyatakan bahwa;

“Iman itu kadang naik kadang turun, maka perbaharuilah iman kalian dengan ‘laa ilaaha illallaah[1].” (HR Ibnu Hibban)

Iman atau keyakinan akan hakikat Allah saja bisa saja bertambah ataupun berkurang. Apalgi masalah semangat. Oleh sebab itu, maka semangat itu harus terus dipelihara, agar tetap bisa eksis. Agar selalu hidup, mendampingi kegiatan Anda. Anda akan selalu didampingi semangat, jika Anda selalu menghidupkannya. Caranya?

Pada saat semangat itu redup, maka ingatlah bahwa Anda telah punya komitmen dan niat. Kembalikan kepada visi dan misi awal, bahwa Anda menuju kesuksesan, cerdas atau smart. Maka ketika hal tersebut ‘kembali,’ akan menjadi sebuah penyemangat yang akan terus bertahan dalam diri Anda. Jiwa Anda akan senantiasa dalam semangat belajar yang tidak akan pernah padam. Terus berkobar di sepanjang perjalanan menuju smart student.

Hendaknya selalu mencari partner dalam menjaga dan memelihara semangat. Usahakan, semangat yang ada dalam diri Anda, selalu mendapat support dari lingungan, termasuk teman yang ada di sekitar Anda. Saya tidak merekom Anda untuk pilih-pilih teman. Tetapi, jika Anda akan terpengaruh dengan teman yang kurang baik, sebaiknya hal itu dihindari. Sebab, kalau tidak maka Anda yang akan menjadi korbannya.

Bukan hanya teman yang ada di sekitar Anda yang akan membuat pengaruh. Tempat pun bisa jadi mempengaruhi semangat belajar Anda. Jika Anda berada di lingkungan yang terdapat banyak buku, maka secara spontan otak Anda akan membawa Anda kepada situasi membaca. Tentu, dengan cara membaca maka kondisi semangat Anda akan terus deras mengalir.

Buatlah jadwal untuk sekali-kali pergi ke perpustakaan. Tidak perlu membaca buku yang terlalu berat. Bacalah buku yang ringan, memberikan efek refresing, meski sesekali juga diharapkan  membaca buku yang mendongkrak pengetahuan, dan mendorong lebih memahami materi yang Anda pelajari di kelas.

Semangat pantang menyerah, itu mungkin yang harus Anda tanamkan kuat-kuat di benak Anda. Terus menggali banyak informasi untuk menjadi siswa yang cerdas. Dengan demikian, Anda akan selalu berada di puncak semangat yang akan membawa Anda kepada kesuksesan.

Kesimpulan:

Semangat perlu selalu dipelihara. Dipupuk dan disiram dengan nyala api yang terus berkobar. Jangan sampai padam. Tidak boleh lengah sedikitpun untuk berpaling dari situasi yang menyimpang dari langkah yang tidak memberi arti semangat. Lakukan segala sesuatu yang akan membawa Anda pada tingkat smart yang Anda harapkan.




[1] Artinya, “Tiada Tuhan selain Allah.”

No comments:

Post a Comment